Cara Membuat
Daftar Isi Otomatis
(Style,
Heading 1 dan Heading 2)
Dalam membuat daftar isi seringkali dilakukan secara
manual. Sehingga bentuknya terkadang
terlihat kurang rapi. Pembuat laporan harus bersusah payah untuk melihat pada halaman
berapa suatu judul bab atau sub bab berada. Waktu yang diperlukan dalam
pembuatan daftar isi secara manual
tersebut otomatis menjadi lama, apalagi laporannya tebal. Padahal kalau kita jeli, beberapa perangkat lunak
banyak yang menyediakan fasilitas untuk daftar isi secara otomatis. Kali ini, saya
akan menunjukkan langkah-langkah membuat daftar isi dari suatu laporan secara
otomatis dalam Microsoft word 2007.
Langkah-langkah
pembuatan daftar isi otomatis dalam Microsoft word 2007:
1.
Buka dokumen yang akan dibuatkan daftar isinya.
2. Pastikan bahwa setiap halaman telah diberi nomor
halaman
3.
Tentukan bagian apa saja yang akan dimasukkan ke daftar isi, misalnya : Kata Pengantar,
Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Judul Bab, Judul Sub Bab.
4.
Satu-persatu lakukan hal berikut:
a.
Blok bagian yang akan dimasukkan ke daftar isi. Kemudian pilih tab Home dan
klik Style Heading 1 seperti yang terlihat pada Gambar 1. Anda dapat
membuat atau memodifikasi format style sesuai dengan yang diinginkan
Gambar 1.
Pemberian Style Heading 1 pada Kata Pengantar atau Judul
Bab
b. Untuk
Judul Sub Bab, pilih Style Heading 2 seperti gambar 2 berikut. Lakukan hal berikut pada semua sub bab.
Gambar 2.
Pemberian
style Heading 2 untuk judul Sub Bab
c.
Kemudian klik halaman Daftar Isi.
d.
Selanjutnya pilih tab References kemudian pilih toolbar Table of
Contents yang ada di bagian kiri atas dan pilih Insert Table of Content…
seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3 di bawah ini. Maka akan muncul dialog
seperti pada Gambar 4.
Gambar 3.
Memilih Insert
Table of Contents
Gambar 4.
Dialog Insert
Table of Contents
e.
Selanjutnya tekan Tombol Options… untuk merubah style apa saja yang akan
dimasukkan daftar isi. Jika yang akan dimasukkan ke daftar isi hanya style
Heading 1 dan Heading 2, maka tuliskan angka 1 pada Heading 1 dan angka 2 pada
Heading 2 seperti Gambar 5.
Gambar 5.
Pemilihan style
dan format level pada Daftar Isi
f.
Selanjutnya tekan tombol OK. Pilih format Formal untuk member kesan formal pada
Daftar Isi.
Gambar 6.
Format Daftar Isi
g.
Selanjutnya tekan tombol OK, maka akan muncul daftar isi yang telah jadi seperti gambar ini.
Gambar 7.
Tampilan daftar isi
h.
Jika anda melakukan perubahan terhadap isi dokumen, seringkali akan menyebabkan
perubahan pada daftar isi. Untuk melakukan perubahan otomatis, klik kanan pada
isian daftar isi. Selanjutnya pilih Update Field dan pilih Update entire
table seperti pada Gambar 7.
Gambar 8.
Melakukan pemutakhiran pada Daftar Isi
Dengan langkah-langkah
diatas, anda akan dapat membuat daftar isi secara otomatis dalam waktu yang
singkat.
Sumber :
http://yuhana.if.its.ac.id/wp-content/uploads/Tutorial/DaftarIsi_Otomatis.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar